by

Argentina Akan Maksimalkan Messi Saat Hadapi Kroasia

Tabloid.id – Rencana untuk laga kontra Kroasia dalam ronde kedua fase penyisihan grup Piala Dunia 2018 telah dimatangkan oleh pelatih Argentina, Jorge Sampaoli. Sang megabintang sekaligus kapten tim, Lionel Messi, tetap menjadi kunci utama permainan Albiceleste.

Kedua kesebelasan akan bertemu pada Jumat (22/6/2018) dinihari WIB. Pada klasemen sementara Grup D, Kroasia masih berada di atas Argentina dengan raihan tiga angka usai mengalahkan Nigeria di ronde pertama lalu. Sementara itu Argentina hanya bisa meraih hasil imbang kontra Islandia. Praktis, saat ini Tim Tango tengah dalam tekanan.

Beban berat jelas akan dipikul oleh Messi, terlebih karena ia gagal membawa Argentina memenangkan pertandingan pertama. Andai eksekusi penaltinya berbuah gol, maka peluang Argentina untuk lolos ke fase knock-out akan lebih besar. Walau demikian, Sampaoli tetap akan mengandalkan Messi di laga melawan Kroasia nanti.

Berkaca pada pertandingan melawan pertama, para penggawa Islandia mampu mengawal Messi sepanjang 90 menit. Alhasil, Argentina kesulitan menembus pertahanan lawan yang begitu rapat. Namun kali ini Sampaoli telah membuat sebuah rencana, agar peran Messi bisa tetap maksimal, bahkan meski La Pulga dikepung lawan sekalipun.

“Lawan kami memiliki pilihan permainan yang beragam, terlebih dalam skema penyerangan mereka. Jadi, kami harus mengawali pertandingan nanti dengan rencana tertentu, tetapi juga fleksibel,” kata Jorge Sampaoli dalam konferensi pers sebelum laga dilansir FourFourTwo.

“Yang paling penting bagi kami adalah solid dalam bertahan dan tidak tersendat saat membangun serangan. Kami juga ingin agar lebih efisien ketika berada di dalam kotak penalti lawan,” ujarnya.

“Ide utama permainan tim ini adalah membuat Messi bisa lebih leluasa melakukan pergerakan tanpa digepung lawan. Itu salah satu ide kami sebagai tim,” katanya.

Andai yang terjadi di lapangan adalah sama seperti pada pertandingan sebelumnya—Messi tidak bisa lepas dari kawalan—Sampaoli telah menyiapkan rencana agar pemain lainnya tetap siaga dan mengambil kesempatan.

“Jika Messi dijaga ketat oleh dua atau tiga pemain, maka akan ada pemain lain yang berdiri bebas. Maka kami akan memiliki ruang untuk membuat kesempatan, sehingga kami ingin kesempatan itu dimaksimalkan.

“Dalam beberapa hari terakhir, kami terus berpikir agar bisa memaksimalkan kualitas Lionel Messi. Jika itu tidak bisa, saya berharap pemain lain bisa melakukannya,” tutur mantan pelatih Chile.

Secara matematis, peluang Argentina lolos ke fase knock-out memang masih terbuka lebar. Jalan paling aman adalah dengan cara memenangkan dua pertandingan sisa di Grup D menghadapi Kroasia dan Nigeria. Tetapi jika hanya bisa meraih hasil imbang atau malah kalah dari Kroasia, kemungkinan lolos akan mengecil. Terlebih jika di pertandingan lain Islandia bisa menaklukkan Nigeria. Maka dari itu, peran Lionel Messi sangat dibutuhkan oleh kubu Albiceleste di laga kedua nanti.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed