by

Didier Deschamps Lega Prancis Bisa Menangi Laga Pertama

Tabloid.id – Menjalani laga tricky menghadapi Australia, Prancis akhirnya berhasil melewati laga pertama mereka di Piala Dunia 2018 dengan kemenangan. Pelatih Les Blues, Didier Deschamps, mengaku lega dengan tiga poin perdana yang diraih timnya di Grup C.

Bertanding di Kazan Arena, Sabtu (16/6/2018) sore WIB, Gol dari Antoine Griezmann dan Paul Pogba membawa Prancis menaklukkan Australia 2-1. Hasil ini tak terlalu baik bagi Prancis jika dilihat dari selisih gol. Tetapi pada laga-laga perdana di ajang Piala Dunia, Prancis memang seringkali gagal meraih hasil maksimal dengan rincian sekali kalah, dua kali imbang dan hanya sekali memetik kemenangan.

Oleh karenanya, pelatih Ayam Jantan merasa lega laga perdana tim asuhannya di Rusia berbuah kemenangan. Di sisi lain, ia juga memuji penampilan Australia yang cukup merepotkan Paul Pogba dkk.

“Australia yang kami hadapi sangat bagus. Tetapi hasil akhirnya sangat penting karena kami bisa meraih kemenangan di laga perdana,” ujar Deschamps seperti dikutip dari situs resmi FIFA.

“Dalam empat gelaran Piala Dunia terakhir, kami hanya bisa memetik satu kemenangan saja di setiap laga pembuka. Jadi, kemenangan kali ini adalah awal yang bagus buat kami,” tambahnya.

Untuk menghadapi laga berikutnya, Deschamps mengaku telah menemukan titik lemah timnya dan akan ia perbaiki. Berikutnya Prancis akan menghadapi laga yang tak kalah tricky, yakni melawan Peru dan Denmark.

“Pertandingan kali ini terasa rumit. Seharusnya kami bisa bermain lebih menyerang dan membuat mereka tertekan. Tetapi kami kehilangan alur bola dan fleksibilitas serangan. Di laga berikutnya itulah yang akan kami tingkatkan,” lanjutnya.

Jalannya Pertandingan

Sejak menit awal, Prancis langsung melancarkan tekanan ke gawang Australia. Baru dua menit laga bergulir, Kylian Mbappe mampu melepaskan tendangan keras setelah melewati dua pemain bertahan Australia. Beruntung bola masih berhasil ditepis oleh Mathew Ryan.

Tiga menit berselang, giliran Paul Pogba yang mengancam gawang Australia lewat tendangan bebas. Kali ini tendangannya masih mendarat tepat di pelukan Ryan.

Sepanjang 15 menit pertama, Australia terus dalam tekanan. Tim berjuluk Socceroos itu selalu gagal dalam membangun serangan saat bola memasuki sepertiga pertahanan Prancis. Peluang pertama Australia baru tercipta di menit ke-17. Lewat tendangan bebas, Aaron Mooy mengirim bola ke dalam kotak penalti yang berhasil dicapai oleh sundulan Matthew Leckie. Tetapi Hugo Lloris melakukan penyelamatan gemilang.

Sampai dengan menjelang 45 menit babak pertama, tempo pertandingan sedikit menurun. Alhasil, babak pertama ditutup dengan skor 0-0 untuk kedua kesebelasan.

Tiga gol tercipta di babak kedua. Mendapatkan penalti melalui hasil review VAR, Griezmann tidak menyia-nyiakan peluang untuk membawa timnya unggul. Skor 1-0 untuk Prancis.

Petaka dialami Prancis di menit ke-62 ketika wasit bergantian menunjuk titik putih untuk Socceroos. Kapten tim Australia, Jedinak, mengeksekusi penalti dengan tenang dan berhasil mengubah kedudukan menjadi 1-1.

Gol penentu kemenangan Prancis terjadi di menit ke-81. Pogba melepas sontekan yang melewati kiper Ryan, sebelum akhirnya membentur sisi dalam mistar dan terpental ke tanah. Teknologi garis gawang memudahkan wasit untuk memastikan bola telah melewati garis gawang.

Di sisa waktu yang ada, tidak ada gol tambahan untuk kedua tim. Prancis pun berhasil memenangkan laga perdana mereka dengan kemenangan tipis 2-1.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed