by

Edinson Cavani Kemungkinan Absen Lawan Prancis

Tabloid.id – Uruguay terancam kehilangan salah satu penyerang andalan mereka, Edinson Cavani, di pertandingan perempat final Piala Dunia 2018 Rusia melawan Prancis. Seperti diungkapkan oleh penyerang Uruguay lainnya, Luis Suarez, yang mengakui bahwa kemungkinan absennya Cavani cukup mengkhawatirkan. Akan tetapi, ia tetap yakin timnya tetap mampu bermain baik meski tanpa Cavani.

Sepanjang fase grup hingga babak 16 besar, Uruguay memang mampu tampil gemilang. Sejauh ini Uruguay menunjukkan performa yang sangat meyakinkan. Tim asuhan Oscar Tabarez mencatatkan tiga kemenangan dan tiga clean sheet di fase grup, serta baru kemasukan gol saat menghadapi Portugal di 16 besar dalam kemenangan 1-2.

Sayangnya, kemenangan penting itu harus dibayar mahal dengan cederanya Edinson Cavani. Pada pertandingan kontra Prancis yang akan berlangsung Jumat (6/7/2018) malam lusa, Cavani pun diprediksi harus absen.

Suarez sendiri menilai Cavani sebagai sosok penting yang sangat dibutuhkan tim Uruguay di setiap laga. Cavani juga cukup produktif dengan sudah mengoleksi tiga gol sejauh ini.

“Dia [Cavani] sangat penting karena karakternya, untuk apa yang selama ini ia tampilkan di setiap laga untuk timnas, juga yang saat ini terjadi,” kata Suarez dikutip dari FourFourTwo.

“Dua gol yang dicetaknya belum lama ini adalah hasil kerja sama tim yang ia tunjukkan, kekuatan fisiknya, semua itu sangat penting.”

Meski demikian, Suarez meyakinkan timnya tidak bergantung hanya pada satu pemain saja. Sepenting apapun Cavani bagi skuat Uruguay saat ini, Suarez percaya timnya masih punya sederet pemain hebat yang bisa menjadi pengganti.

“Ini adalah pertandingan Piala Dunia dan kehadiran Edi [Cavani] sangat dibutuhkan, tetapi beberapa pemain juga bisa melakukan tugasnya dan saya harap mungkin lebih baik darinya.”

“Tidak semua hal hanya digantungkan pada seorang pemain saja. Uruguay sudah membuktikan bahwa yang kami andalkan adalah kerja sama kolektif di lapangan,” ujar penyerang Barcelona itu.

Kemungkinan absennya Cavani ini pun tak dimungkiri membuat rekan-rekan setimnya dan tiga juta penduduk Uruguay cemas jelang laga melawan Prancis, seperti dikatakan oleh Suarez.

“Tiga juta warga Uruguay termasuk saya sangat menantikan Edi,” ujar Suarez.

Cedera Cavani memang disinyalir cukup parah dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk pulih. Tetapi bagi Suarez, saat ini Cavani sudah menunjukkan loyalitasnya untuk tim nasional dengan berjuang keras demi kesembuhannya. Suarez pun berharap bisa mendapat kabar baik dari hasil perjuangan kompatriotnya itu.

“Saya paham betul ini benar-benar rumit, karena cedera itu tidak mudah disembuhkan dan saat ini hanya ada waktu beberapa hari saja.”

“Tetapi saya tahu semangatnya, sikap dan komitmennya untuk bisa bermain di pertandingan tersebut, meskipun sebenarnya kesembuhan ini tidak sepenuhnya bergantung padanya.”

Misal Uruguay memang harus bermain tanpa Cavani nantinya, Prancis tetap tidak boleh bersantai karena Uruguay masih menjadi salah satu kandidat kuat juara Piala Dunia kali ini.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed