by

Jordan Pickford Kandidat Kiper Utama Inggris di Piala Dunia 2018

Tabloid.id – Penjaga gawang Everton, Jordan Pickford, memang belum lama merasakan atmosfer yang kompetitif di kasta tertinggi Liga Inggris. Akan tetapi, saat ini dia menjadi kandidat kiper utama timnas Inggris untuk ajang Piala Dunia 2018.

Jika dilihat dari perjalanan kariernya, Pickford memang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk memperkuat klub di divisi bawah Liga Inggris. Namun sejak dipromosikan ke tim senior Sunderland dua tahun lalu, performanya berhasil mencuri perhatian publik. Everton pun lalu memboyongnya pada musim panas 2017. Performanya yang impresif juga membuat pelatih Inggris Gareth Southgate turut membawanya ke Rusia untuk Piala Dunia 2018.

Akhir pekan lalu, Pickford dipercaya berdiri di bawah mistar gawang The Three Lions selama 90 menit penuh dalam uji coba melawan Nigeria. Di laga tersebut, pasukan Southgate sukses membekuk tim tamu dengan skor akhir 2-1. Sebelumnya Southgate juga sempat buka suara bahwa kiper Everton itu akan menjadi starter pada laga pembuka Piala Dunia antara Inggris melawan Tunisia.

Di laga uji coba berikutnya, Inggris akan bertemu Kosta Rika. Peluang Pickford untuk tetap menjadi starter sangat besar, tetapi hingga kini belum ada konfirmasi apapun dari sang pelatih.

“Belum ada yang bisa dikonfirmasi saat ini. Manajer memutuskannya itu sebelum laga, sehingga saya hanya dapat mengerjakan apa yang biasa saya lakukan di lapangan. Saya akan memberikan performa yang sama seperti akhir pekan lalu,” kata Pickford dilansir The Northern Echo.

“Saya masih harus banyak berlatih, walau memang hal itulah yang selalu saya kerjakan. Selama ini saya berlatih keras dan selalu mencoba menikmati pertandingan. Di Sunderland, saya melakukan itu ketika masih muda. Sikap itulah yang akan selalu saya tekankan selama berkarier sebagai pesepakbola. Semoga saja saya bisa memilih tempat yang baik untuk diri sendiri,” lanjut kiper berumur 24 tahun.

Pickford sebenarnya sempat hanya menjadi pilihan ketiga Timnas Inggris di bawah kepemimpinan Southgate pada awal musim 2017/18. Ia kalah bersaing dengan dua nama senior, yakni Joe Hart dan Jack Butland. Namun, belakangan Hart justru gagal menembus tim utama West Ham United, sedangkan performa Butland tak cukup baik untuk membuat Stoke City tetap bertahan di Premier League. Dengan masuknya Nick Pope sebagai kiper ketiga, peluang Pickford untuk menjadi kiper utama The Three Lions pun makin besar.

Melewati perjalanan panjang dari sistem akademi sepakbola Sunderland, Pickford mengawali karier profesionalnya dari klub yang sama. Walau ia lebih sering dipinjamkan ke klub lain sejak menandatangani kontrak profesional di Sunderland pada 2011. Selama lima tahun, ia bermain untuk klub-klub divisi bawah seperti Darlington, Alfreton Town, Burton Albion, Carlisle United, Bradford City, dan Preston North End. Baru pada 2016 ia menjalani debutnya di tim senior Sunderland.

Meski Sunderland akhirnya terdegradasi di akhir musim 2016/17, namun penampilan Pickford terbilang cukup cemerlang. Ia pun lalu menjadi salah satu kiper termahal di Inggris setelah diboyong Everton.

“Di dalam sepakbola, terkadang hanya ada satu peluang dan itu harus langsung Anda manfaatkan. Saya selalu berhasil memanfaatkan itu. Semoga saja saya juga bisa melakukannya bersama Inggris. Tak ada tekanan di lapangan, itu sama sekali tak mengganggu,” kata Pickford.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed