by

Kapten Serbia Optimis Timnya Bisa Kalahkan Swiss

Tabloid.id – Semua tim di Grup E masih memiliki peluang untuk lolos ke fase knock-out Piala Dunia 2018. Namun jika melihat posisi di klasemen sementara, Serbia memang menjadi yang paling berpeluang untuk merebut tiket 16 besar terlebih dahulu. Hal itu mereka dapatkan setelah berhasil mengalahkan Kosta Rika di ronde pertama, sementara itu di pertandingan lainnya Swiss dan Brasil hanya berbagi satu angka.

Serbia akan melanjutkan perjalanan mereka di Piala Dunia pada Sabtu (23/6/2018) lusa WIB. Kali ini lawan mereka adalah Swiss, tim yang berhasil mengejutkan Brasil di pertandingan pertama dengan mampu menahan imbang sang juara lima kali. Tak mau kehilangan peluang lolos ke 16 besar, kapten tim Serbia Aleksandar Kolarov mengincar kemenangan atas Swiss.

Jika melihat fakta pada pertandingan sebelumnya, Swiss memang bukan lawan yang mudah. Buktinya terlihat saat Brasil dibuat kerepotan dan akhirnya harus berbagi skor 1-1 dengan Swiss. Namun Kolarov, yang menjadi penentu kemenangan lewat gol tunggalnya ke gawang Kosta Rika, tidak mau Serbia hanya mengincar hasil imbang.

Secara matematis, Serbia memang bisa menyegel satu tiket ke babak berikutnya jika mampu merebut tiga angka dari Swiss, apapun hasil yang diraih oleh tiga tim lainnya. Tetapi jika hanya mendapatkan hasil seri atau bahkan kalah, maka peluang lolos makin sulit karena di laga pamungkas mereka akan berhadapan dengan Brasil.

Atas alasan itulah Kolarov mengharamkan timnya hanya mengincar hasil imbang kontra Swiss.

“Jika kami menghitung-hitung dan hanya mencari hasil imbang saja, kemudian itu tidak akan berhasil,” ujar Kolarov seperti dilansir FourFourTwo. “Tentu saja kami ingin meraih kemenangan.”

“Kemenangan menjadi tujuan kami di laga berikutnya, karena ini akan menentukan langkah Serbia lolos ke fase 16 besar,” kata Kolarov dikutip dari Sky Sports.

Tiga poin bakal mengantarkan Serbia lolos dari fase grup untuk pertama kalinya sejak mereka mendeklarasikan kemerdekaan. Pasalnya, pada tahun 2006 lalu salah satu wakil Eropa ini gagal melenggang ke fase knock-out saat masih bernama Serbia & Montenegro, serta tidak mampu berbicara banyak pada Piala Dunia 2018 di Afrika Selatan.

Serbia Dijatuhi Sanksi FIFA

Menjelang pertandingan kedua melawan Swiss, Federasi Sepakbola Serbia (FSS) dijatuhi sanksi oleh FIFA atas pelanggaran yang dilakukan suporter mereka di pertandingan pertama Piala Dunia 2018 lalu. Suporter Serbia dituding menampilkan spanduk berbau politik di laga melawan Kosta Rika yang berlangsung di Cosmos Arena (17/6/2018). Hukuman ini diharapkan tidak mengganggu konsentrasi para pemain Serbia yang akan melakoni laga penting kontra Swiss lusa nanti.

Di sisi lain, hukuman dari FIFA juga diterima oleh Federasi Sepakbola Meksiko (MFM) karena suporter mereka melontarkan chant diskriminatif di laga penyisihan grup melawan Jerman lalu. Kedua federasi mendapatkan denda masing-masing sebesar 10,400 dollar AS atau setara Rp 147 juta.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed