by

Persib Resmi Lepas Michael Essien

Tabloid.id – Setelah nasibnya sempat menggantung selama berbulan-bulan, Michael Essien akhirnya resmi dilepas Persib Bandung. Mantan pemain Chelsea itu tak dilanjutkan kontraknya setelah tidak masuk dalam rencana pelatih Persib Bandung musim ini.

Nama Essien memang tak muncul lagi dalam daftar skuat Persib. Posisinya juga sudah digantikan oleh pemain asing asal Argentina, Jonathan Bauman. Belakangan, Essien juga malah lebih sibuk menjadi duta mantan klubnya, Chelsea, dan bermain di beberapa laga amal. Pada prosesnya, Essien akhirnya secara resmi dilepas Persib pada Selasa (5/6/2018), namun baru diumumkan kepada publik pada Rabu (6/6).

“Alhamdulillah, sudah [Essien diputus kontrak],” ujar manajer Persib Bandung Umuh Muchtar, Rabu (6/6) dikutip dari detikSport.

Akan tetapi Umuh tidak menjelaskan secara detail mengenai pemutusan kontrak yang sebenarnya masih berjalan itu. Umuh mengklaim keputusan ini diambil dengan cara terbaik oleh kedua belah pihak.

“Dia terlalu lama di sini dan saya juga bantu supaya cepat selesai. Di sini dia tidak latihan dan tidak main, nanti badannya malah tambah gemuk. Jadi diselesaikan saja, sudah selesai dan mereka juga diuntungkan,” kata Umuh.

Mengenai tim apa yang akan dibela Essien berikutnya, Umuh mengaku tidak tahu-menahu. Tetapi menurut perkiraannya Essien mungkin akan pensiun dari lapangan hijau.

“Tidak, tidak tahu. Tetapi mungkin dia tidak akan main lagi,”

Selama berseragam Persib di Liga 1 2017, marquee player asal Ghana itu mempersembahkan lima gol untuk timnya. Akan tetapi sejak kedatangan pelatih Mario Gomez, Essien tak masuk dalam skema yang akan diterapkan di Persib. Belum lagi PT Liga Indonesia Baru (LIB) juga sudah menghapus regulasi mengenai penggunaan marquee player.

Meski diputus kontraknya, namun Direktur Utama PT PBB, Glen Sugita, tetap mengucapkan terima kasih atas dedikasi mantan pemain top Eropa tersebut. Ia sekali lagi juga menegaskan Persib dan Essien berpisah secara baik-baik.

“Kami menghormati regulasi yang telah dikeluarkan oleh PT LIB. Essien juga memahami hal itu. Intinya, kami berpisah secara baik,” kata Glenn Sugita.

“Bukan hanya karena Essien mau mengerti dengan mengakhiri kerja sama ini, tetapi lebih dari itu. Kami, terlebih saya, mengucapkan terima kasih atas apa yang telah dia berikan selama ini,” lanjutnya.

“Keceriannya, dedikasi, loyalitas, dan profesionalisme yang dia tunjukkan sangat kami apresiasi. Semoga rekan-rekannya di Persib dan pemain-pemain di Liga 1 bisa mengambil pelajaran dengan keberadaannya di sini,” ujar Glenn.

Michael Essien adalah pemain berstatus marquee player pertama yang datang ke Indonesia di Liga 1 2017 lalu. Ia mengawali rombongan marquee player lainnya datang ke Tanah Air. Sebelum memperkuat Persib, seperti diketahui Essien sempat memperkuat klub-klub besar Eropa. Sebut saja Olympique Lyon, Chelsea, Real Madrid, AC Milan, dan terakhir Panathinaikos, sebelum akhirnya berlabuh ke Persib Bandung.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed