by

Prancis Dinilai Belum Selevel dengan Brasil dan Spanyol

Tabloid.id – Dengan berbekal pemain-pemain berkualitas di setiap lini, Prancis layak menjadi salah satu tim yang diunggulkan untuk berbicara banyak di pentas Piala Dunia 2018. Namun pendapat berbeda diungkapkan oleh mantan bek timnas Prancis, Frank Leboeuf, yang mengatakan kualitas Les Blues saat ini masih belum selevel dengan Brasil atau Spanyol.

Sebelumnya Paul Pogba dkk mampu menunjukkan diri sebagai tim yang tangguh di Eropa dengan menjadi finalis Piala Eropa 2016. Dengan masih diperkuat pemain-pemain yang tidak jauh berbeda dengan dua tahun lalu, Prancis diprediksi tetap akan menjadi tim yang harus sangat diwaspadai di Rusia nanti.

Walau demikian, Leboeuf melihat performa Les Blues masih belum terlalu meyakinkan untuk bisa berprestasi di Piala Dunia 2018. Pemain yang pernah menjuarai Piala Dunia 1998 itu menganggap masih ada tim-tim yang levelnya berada di atas Prancis.

“Secara pribadi, saya tidak yakin kami (Prancis) bisa keluar sebagai juara karena ada pula tim-tim yang lebih baik dari kami,” kata Leboeuf dilansir Express.

“Sesuatu yang ajaib bisa saja terjadi. Tetapi saya pikir ada hal-hal kecil yang tidak ada di Prancis, itulah yang membuat mereka belum bisa disejajarkan dengan Brasil atau Spanyol,” tambahnya.

Di sisi lain, faktor sang pelatih, Didier Deschamps, juga dinilai akan cukup memengaruhi performa tim. Deschamps disebut akan menjalani Piala Dunia dengan beban tersendiri di pikirannya. Hal itu terkait dengan rumor tentang Zinedine Zidane yang digadang-gadang akan menukangi Prancis di masa mendatang.

“Orang-orang berpikir Didier Deschamps adalah pelatih yang bisa mengatur para pemain besar. Tetapi Anda tahu, ketika pekan lalu Zinedine Zidane mengumumkan untuk hengkang dari Real Madrid, seketika orang-orang berkata dia akan melatih timnas,” ungkapnya.

“Kondisi tersebut bisa membuat Deschamps tertekan, walau dia punya cukup pengalaman untuk mengatasi itu. Deschamps tahu, bahwa tim membutuhkan pemain yang bisa bekerja kolektif dan dia ingin menularkan itu kepada para pemainnya,” ujar Leboeuf merujuk pada pengalaman Deschamps yang juga berada di skuat Prancis tahun 1998 silam.

“Untungnya dia juga disukai oleh para pemainnya. Banyak yang tidak puas, namun saya meyakini Deschamps bisa memberikan sentuhan magis untuk timnya,” jelas Leboeuf.

Saat ini timnas Prancis masih melakukan persiapan tahap akhir sebelum bertolak ke Rusia untuk melakoni laga perdana di Grup C melawan Australia. Sebelumnya tim asuhan Didier Deschamps sempat beruji coba melawan Italia pada 2 Juni lalu yang berhasil mereka menangkan dengan skor meyakinkan 3-1.

Permainan Les Blues pun mendapat pujian dari bek senior Gli Azzurri, Leonardo Bonucci. Ia mengatakan bahwa Prancis patut diunggulkan di Piala Dunia 2018. Pasalnya, di dalam skuat mereka terdapat pemain-pemain muda berbahaya macam Paul Pogba, Antoine Griezmann, Kylian Mbappe, dan juga dikomandoi oleh kapten mereka Hugo Lloris.

“Mereka diperkuat oleh para pemain muda yang hebat, mereka berada di klub besar untuk sebuah penghargaan yang besar. Mereka patut menjadi salah satu unggulan di Piala Dunia,” kata Bonucci dikutip dari BBC.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed