by

Riko Simanjuntak Akan Perkuat Timnas U-23 Lawan Thailand

Tabloid.id – Skuat Timnas Indonesia U-23 untuk uji tanding melawan Thailand telah dirilis. Dari total 22 pemain yang dipanggil, Luis Milla memasukkan beberapa nama baru untuk mengisi slot pemain senior. Mereka adalah Teja Pakualam, Alberto Goncalves dan Riko Simanjuntak. Nama terakhir menjadi yang paling fenomenal berkat penampilan apiknya di awal musim ini.

Timnas U-23 akan melakoni dua laga uji coba menghadapi Thailand di akhir Mei dan awal Juni mendatang. Laga pertama berlangsung di Stadion PTIK (31/5) lalu disusul dengan laga kedua di Stadion Pakansari (3/6). Rangkaian uji coba ini merupakan ajang persiapan menuju gelaran Asian Games 2018.

Pemanggilan sayap mungil Persija Jakarta memang menjadi yang sangat diidamkan oleh para pendukung timnas. Mengingat kecepatan dan kemampuannya dinilai bisa lebih menghidupkan serangan dari sisi kanan, yang selama ini kerap menemui kebuntuan.

Riko sendiri mengaku sangat senang saat mengetahui dirinya dipanggil timnas Indonesia U-23. Mantan penggawa Semen Padang itu pun tak ingin menyiakan kesempatan yang telah diberikan kepadanya.

“Saya merasa sangat senang dipanggil timnas dan bisa membela timnas. Ini tentu menjadi keinginan setiap pemain,” kata Riko.

“Tentunya saya tidak ingin menyiakan kesempatan ini. Kelebihan saya ketika membela Persija akan saya gunakan ketika membela negara,” ucapnya.

Ini menjadi pemanggilan pertama Riko ke tim nasional. Meski belum tentu akan menjadi anggota tim resmi untuk Asian Games, tetapi Riko tentu sangat berpeluang untuk mengisi salah satu tempat dari tiga kuota pemain senior di ajang tersebut.

Persija Alot Lepas Riko Simanjuntak

Selain Riko Simanjuntak, Milla juga memanggil pemain Persija lainnya yakni Rezaldi Hehanussa. Hal inilah yang kabarnya membuat pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra Teco agak berat melepas pemainnya ke timnas U-23, walau pemanggilan ini turut membuatnya senang. Teco merasa bangga pemainnya dipercaya memperkuat timnas, namun ia harus membicarakan hal ini dengan manajemen klub.

“Pertama, kami ucapkan selamat kepada Riko atas pemanggilan memperkuat timnas Indonesia. Mendapat panggilan dari timnas adalah mimpi dari para pemain,” kata Teco.

“Terkait dengan pemanggilan tentu harus melihat juga pada jadwal yang akan dilakoni Persija. Saya masih belum bicara dengan manajemen. Kepastiannya seperti apa saya masih menunggu. Jika ini sesuai dengan kalender FIFA, maka kami memang harus melepas pemain, namun jika tidak kami memiliki hak untuk tidak melepasnya,” lanjut pelatih asal Brasil.

Keberatan yang diungkapkan Teco bukanlah tanpa alasan. Pasalnya, Riko dan Rezaldi merupakan dua pemain andalan yang selama ini memiliki kontribusi besar bagi tim. Terlebih dalam dua laga terdekat Persija harus menghadapi Barito Putera dan Persebaya Surabaya. Ditambah lagi, tim Macan Kemayoran kemungkinan masih belum bisa diperkuat sang penjaga gawang utama, Andritany Ardhiyasa, yang mengalami cedera.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed