by

Tekuk Palermo, Frosinone Resmi Kembali ke Serie A

Tabloid.id – Frosinone akan kembali berkiprah di Serie A musim depan setelah memastikan satu tiket promosi tersisa melalui babak play-off. Frosinone sukses mengalahkan Palermo dengan skor 2-0 di pertandingan leg kedua, yang membuat mereka unggul 3-2 secara agregat. Dengan demikian, tim asuhan Moreno Lungo berhak menemani Empoli dan Parma yang telah terlebih dahulu memastikan promosi ke Serie A secara langsung.

Beberapa hari lalu Frosinone sempat menelan kekalahan 2-1, pada laga yang berlangsung di Stadio Renzo Barbera, Kamis (14/6/2018). Beruntung mereka berhasil mengantongi satu gol tandang di markas Palermo, yang mana membuat langkah mereka di leg kedua tidak terlalu berat.

Saat bergantian menjamu Palermo di Stadio Benito Stirpe, Minggu (17/6/2018) dinihari WIB, para pemain Frosinone berhasil mewujudkan tujuan mereka untuk kembali ke Serie A. Gol-gol yang dicetak oleh Raffaele Maiello dan Camillo Ciano memastikan satu tempat di kasta tertinggi musim depan. Gol dari Ciano tercipta di masa injury time, yang langsung memupus harapan Palermo.

Sayangnya, pertandingan tersebut diwarnai dengan beberapa kontroversi. Wasit dituntut untuk bekerja ekstra keras karena sikap tidak sportif dari para pemain Frosinone yang duduk ke bench. Mereka berusaha menghambat pertandingan di menit-menit akhir dengan cara melemparkan bola ke dalam lapangan. Kubu Palermo pun merasa kesal dan membuat pertandingan sempat diwarnai intrik dari kedua kesebelasan.

Alhasil, Palermo melayangkan protes ke otoritas liga agar hasil pertandingan ditinjau ulang. Bukan karena aksi menghambat pertandingan yang dilakukan para pemain cadangan Forsinone, melainkan karena komentar pelatih Frosinone, Longo, di akhir laga. Dalam protes yang dilayangkan tersebut, Longo diklaim telah mengatakan bahwa Palermo tidak layak bermain di Serie A.

“Komentar Longo tersebut sangat mengejutkan kami dan seharusnya dia tidak mengatakan demikian. Perkataannya itu akan kami jadikan sebagai bukti untuk membawanya ke jalur hukum. Tidak perlu ada klarifikasi lagi untuk saat ini, karena perkataannya itu sudah melebihi batas,” jelas pihak Palermo.

Adapun kesuksesan Frosinone kembali promosi ke Serie A ini adalah yang kedua kali dalam sejarah klub. Mereka pertama kali merasakan kesuksesan itu pada musim 2014/15 setelah finish kedua di klasemen akhir Serie B. Namun di musim 2015/16 mereka gagal tampil konsisten di Serie A dan akhirnya harus terdegradasi lagi ke Serie B usai mengakhiri musim di peringkat ke-19.

Frosinone mengawali debutnya di Serie B pada musim 2006/07, namun kembali lagi ke kasta ketiga yakni Lega Pro Prima Divisione sejak musim 2011/12 hingga 2013/14. Pada Juni 2014, di bawah asuhan pelatih Roberto Stellone, Frosinone promosi ke Serie B setelah mengalahkan Lecce di babak play-off.

Secara mengejutkan, prestasi Frosinone langsung menanjak di musim 2014/15 dengan menjadi runner-up Serie B di akhir musim. Tiket promosi otomatis mereka dapatkan usai mengalahkan Crotone 3-1 dan membuat mereka unggul enam poin dari Bologna di peringkat ketiga. Frosinone pun berhak promosi ke Serie A untuk pertama kalinya di musim 2015/16.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed