by

Tren Buruk Messi Saat Eksekusi Penalti Berlanjut di Piala Dunia 2018

Tabloid.id – Lionel Messi gagal memberikan tiga poin untuk Argentina setelah gagal mengeksekusi penalti di laga melawan Islandia pada pertandingan pertama Piala Dunia 2018. Messi, yang selama ini sering disebut-sebut sebagai pemain dari ‘planet lain’, pun menunjukkan bahwa dirinya adalah manusia biasa.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Spartak Stadium, Sabtu (16/6/2018) malam WIB, Messi dan kawan-kawan hanya berhasil meraih satu angka setelah dipaksa bermain imbang 1-1 oleh Islandia. Sergio Aguero terlebih dahulu mencetak gol untuk membawa Argentina unggul. Namun tak lama kemudian, Finnbogason sukses mencetak gol penyeimbang kedudukan.

Di laga tersebut, para pemain Islandia menerapkan taktik pertahanan super ketat. Pergarakan Messi dapat diredam setiap kali ia menguasai bola. La Pulga memang bisa melakukan 11 kali percobaan tembakan, dengan tiga yang on target, tetapi tidak satupun berbuah gol.

Satu-satunya peluang bersih Argentina untuk kembali unggul adalah melalui penalti yang didapat di menit ke-64, usai Hoerdur Magnusso melakukan pelanggaran terhadap Maximiliano Meza. Tanpa ada yang menghalangi, Messi maju sebagai eksekutor. Namun sepakannya ke arah kiri justru bisa dibaca dengan baik oleh penjaga gawang Islandia, Hannes Thor Halldorson.

Dengan hasil ini, runner-up Piala Dunia 2014 itu pun harus lebih waspada saat melakoni dua laga tersisa. Sebab bukan tidak mungkin Nigeria dan Kroasia bisa menjegal mereka seperti yang dilakukan oleh Islandia.

Kegagalan penalti kapten Argentina ini melanjutkan tren buruknya dalam hal mengeksekusi penalti. Namun pencetak gol bagi Argentina di laga tersebut tetap memberikan dukungan untuk Messi agar bisa kembali menunjukkan penampilan terbaiknya di laga melawan Kroasia (22/6).

“Leo membuktikan bahwa dirinya juga manusia biasa. Kami tetap memberikan dukungan kepadanya. Dia hanya sedang menjalani hari yang buruk, tetapi kami tahu dia bisa memberikan kemenangan untuk kami di momen lain dalam setiap pertandingan,” ujar Aguero dikutip dari ESPN FC.

“Saya berharap di laga berikutnya melawan Kroasia dia bisa bermain lebih baik,” lanjut striker Manchester City itu.

Mengenai tren buruk Leo Messi saat mengeksekusi penalti, berikut data-data yang dicatat oleh Opta:

– Ini adalah kali ketiga Messi gagal memaksimalkan peluang dari titik putih saat memperkuat Timnas Argentina (tidak termasuk penalti di babak tos-tosan).

– Dari tujuh pertandingan di level klub dan timnas, Messi sudah empat kali gagal mengeksekusi penalti. Persentasenya mencapai 57%.

– Sebelum Messi, ada pula pemain Argentina yang gagal mengeksekusi penalti di ajang Piala Dunia, yakni Fernando Patemoster di Piala Dunia 1930 dan Ariel Ortega di Piala Dunia 2002.

– Rekor selalu mencetak gol Messi di fase grup Piala Dunia sejak 2014 lalu terhenti di laga melawan Islandia. Sebelumnya, di Piala Dunia 2014 lalu La Pulga sukses menyarangkan gol di tiga pertandingan fase grup.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed