by

yuk cari tau Tanda dan Gejala serta Cara mengobati anak cacingan

Tabloid.id – Apa yang harus dilakukan jika anak cacingan? Apa obat cacingan terbaik untuk anak-anak? Bagaimana cara membersihkan cacing pada anak dengan aman dan efektif? Untuk membantu Anda memecahkan masalah ini, saya ingin membagikan beberapa informasi bermanfaat di bawah ini.

Tanda-tanda anak terinfeksi cacing

Salah satu bahaya infeksi cacing adalah bahwa gejalanya sangat halus, tidak jelas atau tidak seperti biasanya. Berikut adalah beberapa tanda yang umum:

  • Nyeri perut
  • Kehilangan nafsu makan atau kelaparan.
  • Penurunan berat badan
  • Mual atau muntah.
  • Pusing
  • Gatal
  • Kesulitan tidur.

Gejala biasanya ringan, membingungkan karena bisa berhubungan dengan penyakit atau masalah lainnya;.Helminthiasis adalah parasit yang mengkonsumsi nutrisi inang untuk bertahan hidup, sehingga jarang menyebabkan kematian langsung.

Jika anak-anak terinfeksi cacing untuk waktu yang lama, mereka sering menderita kekurangan gizi, anemia, dan penyakit lainnya karena tubuh mereka yang lemah. Muntah atau diare berat dapat menyebabkan dehidrasi yang menyebabkan kematian.

Bagaimana cara membersihkan cacing perut pada anak?

Siapapun bisa terinfeksi cacing, tapi anak-anak paling rentan terkena infeksi dan lebih parah terkena daripada orang dewasa.Worming adalah cara terbaik untuk menghilangkan cacing. Jadi, orang tua harus menghilangkan cacing pada anak saat umur berapa?

Infeksi neonatal dapat terjadi, bagaimanapun, karena kesehatan fisik yang buruk, para ahli merekomendasikan bahwa cacingan harus dilakukan setelah setidaknya berusia 1 tahun. Di Indonesia, kebanyakan orang tua secara aktif  mengobati cacingan pada anak saat usia 2 tahun. Kecuali infeksi cacing yang parah, perlu dibersihkan cacing lebih awal.

Cacing bisa dihilangkan di musim apapun dalam setahun, kapan saja. Tapi yang terbaik setelah makan malam selama sekitar 1-2 jam.Setiap obat memiliki petunjuk penggunaannya sendiri, dan Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum memberi anak Anda obat cacing.Obat cacing hanya membunuh cacing dewasa, tidak membunuh telurnya. Telur bisa bertahan hingga dua minggu, dan jika ada kemungkinan mereka akan menyusup ke tubuh lagi, ini disebut reinfeksi.

Untuk mencegah infeksi ulang dan menyebar, kebersihan adalah langkah selanjutnya setelah cacingan.Menurut WHO, jika kejadian helminthes lebih dari 20%, cacing tersebut harus diseka setahun sekali, jika lebih dari 50%, setiap 6 bulan sekali.

Panduan untuk memilih obat cacing untuk anak-anak

Sebagian besar obat cacingan sama efektifnya, penting dosis dan penggunaan yang benar. Biasanya setiap anak hanya membutuhkan satu dosis pengobatan.

Jenis obat cacingan saat ini untuk anak-anak adalah:

Untuk menghilangkan cacing yang aman dan efektif, ikuti petunjuk pada kemasannya dan ikuti saran dari dokter Anda.Jika Anda khawatir tentang efek samping dari dewormer Anda dapat menerapkan beberapa tip berikut:

  • Bawang putih
  • Pepaya
  • Biji labu.
  • Minyak Oregano
  • Cengkeh

Perhatikan, makanan ini tidak menguras cacing sepenuhnya dibandingkan obat. Ini hanya membantu mengurangi infeksi dan mencegah infeksi ulang.

Beberapa Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apakah cacing akan keluar setelah minum obat cacing?

Cacing parasit usus, setelah minum obat cacing akan dieliminasi dan tidak lagi menempel pada usus, dan akan keluar melewati saluran usus, secara otomatis keluar. Itu sebabnya kita sering melihat banyak cacing di tinja setelah minum obat cacing.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghilangkan cacing diperut?

Setelah minum obat tersebut, sekitar setengah 1 jam setelah obat tersebut masuk usus, maka obat mulai membunuh cacing.

Komposisi obat saat memasuki tubuh akan berubah sehingga efeknya tidak 100%. Meski begitu, dosis tunggal sudah cukup untuk membunuh parasit usus (kecuali untuk kasus infeksi cacing parah, parasit di organ lain di usus).

Apakah setelah minum obat cacing tidak menyebabkan kekurangan nutrisi?

Sebagian besar cacing parasit mengambil sebagian dari nutrisi di inang untuk bertahan hidup, sehingga saat cacing menghilang, tubuh tidak akan kekurangan nutrisi. Namun, itu juga tergantung diet harian Anak Anda.

Apa efek samping dari obat cacing?

Sedikit efek samping, jika ada, biasanya ringan: mual, pusing, sakit kepala dalam waktu singkat.

Semoga artikel ini akan membantu Anda menjawab beberapa pertanyaan diatas, dan tahu bagaimana cara untuk mengobati anak cacingan secara efektif dan aman.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed